Menjual Almamater

Hilangnya Ideologi Mahasiswa
Oleh: Anggi Kurniawan

"Bahwasanya kita adalah penyalur aspirasi rakyat, dan suara kita mewakilkan suara rakyat", sering kali kata-kata itu terdengar saat orasi yang dilakukan oleh para Mahasiswa, begitu berapi-api nya semangat yang dimiliki para Parlemen jalanan ketika menyampaikan tuntutannya di depan Badan/Instansi kepemerintahan maupun di jalan raya.

Bahkan sejarah mencatat pada Tahun 1998 adalah Aksi Mahasiswa yang paling berpengaruh di banding aksi-aksi saat ini, sebab tuntutan mereka hanya satu " Menggulingkan Soeharto sebagai Presiden", karena dirasa rakyat makin menderita akan sebuah sistem yang di pimpin oleh Soeharto. Akhirnya terjadi lah aksi yang menyita perhatian media lokal maupun internasional, dan memang benar kata pepatah mengatakan "Proses tidak akan mengkhianati hasil", para Mahasiswa berhasil menggulingkan Soeharto dari jabatannya.

Lalu bagaimana dengan Mahasiswa saat ini.?
Apa kabar para "Agent Of Change".?
Ketika melihat ketidak adilan dan tumpulnya hukum bagi sang penguasa, hanya ada segelintir saja Mahasiswa turun ke jalan untuk menyuarakan ketidak adilan yang terjadi, lalu bagimana dengan Mahasiswa yang lain.?
Mahasiswa saat ini lebih suka bersekutu dengan para pemimpin dan para media, seakan mereka membungkam mulut mereka sendiri dengan iming-iming uang serta jabatan, seakan Mahasiswa menjual Almamater kebanggaan yang dulu sempat menjadi ujung tombak Rakyat dalam menegakkan keadilan.

Idealismemu di butuhkan Rakyat untuk menolong mereka, jangan kau jual Almamatermu, sebab masa depanmu yang menentukan kamu sendiri bukan para pemerintah, gunakanlah analisis tajammu dalam mengatakan kebenaran sekalipun pemerintah tak akan menyukaimu. Lihatlah Rakyat Indonesia yang jauh dari kata layak dalan mencukupi kehidupannya, mereka berteman dengan debu, berlantaikan tanah serta beratap langit, untuk merasakan makan pun mereka harus berjemur di terik panas Matahari dengan bermodalkan botol bekas sebagai alat pembantu mereka bekerja, lalu dimana hati dan perasaanmu (Mahasiswa).?
Masihkah kau bergelut dengan buku-buku saja dan berselimut dengan kajian-kajian yang membahas teori nya hanya itu saja, tanpa ada nya realisasi yang jelas.

#HanyaPendapat
#HilangnyaIdealisme
#AnalisisSangPenaKecil20

Komentar